Senin, 24 Desember 2012

BISNIS EVENT ORGANIZER





Beragam acara-acara atau kegiatan yang digelar oleh sebuah institusi baik itu dalam berskala Internasional, Nasional maupun Lokal, hal itupun tidak terlepas dari jasa para pekerja EO yang profesional.
Dalam sebuah acara talkshow bertajuk “Behind The Scene Adrie Subono” di Bandung dalam presentasinya, dia mengatakan salah satu bisnis yang diyakini tetap dan semakin bersinar di masa depan adalah bisnis EO. Jika ada bisnis yang tidak pernah surut, maka bisnis event organizer (EO) atau promotor adalah bisnis yang diyakini akan terus bersinar.
            Dari pernyataan oleh seorang promotor musik kenamaan Adrie Subono tersebut, meyakinkan kita bahwa menjadi seorang pekerja EO mempunyai peluang besar dimasa depan. Walaupun memang dibutuhkan berbagai kemampuan untuk dapat mengelola sebuah event yang kita kelola tersebut.
Mengelola bisnis event organizer tidaklah mudah, dibutuhkan beberapa kemampuan dan sikap yang harus dimiliki oleh setiap individu-individu yang berkecimpung di dalamnya. Diantara kemampuan-kemampuan pribadi maupun management untuk mengelola sebuah event diantaranya adalah Bekal pengalaman menyelenggarakan event, mempunyai Ide kreatif dan inovatif, mempunyai Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat, memiliki Modal usaha yang cukup dan tak lupa Tim yang solid dan loyal.
Saat ini banyak bermunculan para wirausaha event organizer yang mempunyai beragam spesifikasi baik itu dari cakupan wilayah kegiatan, jenis acara, maupun event organizer yang mengkhususkan target audience pihak tertentu. Hal ini sangatlah wajar karena bisnis event organizer mudah dijalani apalagi bisnis ini diawali dari hobi.
Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, kita tidak perlu pusing untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.


Dalam pengertian ensklopedia, Penyelenggara acara (Inggris:Event organizer) adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Meski bisa dialihbahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk mudahnya disebut EO Pada dasarnya, tugas dari EO. adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa EO. juga dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri.
Jika kita ingin memiliki side job atau pekerjaan sampingan bahkan bisa menghasilkan pemasukan yang lumayan dan bisa dikerjakan di rumah, coba saja dengan sebuah usaha yang biasa disebut dengan event organizer atau EO.
Bagi orang-orang yang mempunyai kreatifitas tinggi, mengelola sebuah event organizer mungkin dianggap sebuah tantangan yang harus dihadapi, karena dengan modal kreatifitas lah sesesorang dapat mengendalikan sebuah acara yang diinginkan oleh klien.
Dari namanya saja sudah bisa ditebak, usaha ini memang memanajeri penyelenggaraan sebuah even. Dan jika kita memiliki banyak relasi atau kenalan, menyukai kegiatan yang banyak berhubungan dengan orang, serta sering memiliki ide-ide kreatif, mungkin kita salah satunya orang yang berbakat untuk mengelelola sebuah EO.

JENIS-JENIS EVENT ORGANIZER (EO)
Dilihat dari jenis acara yang diadakan, E.O. dapat dikategorikan menjadi:
1.      One Stop Service Agency adalah E.O. besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun.
2.      M I C E, Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Yaitu E.O. yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
3.      Musik dan Hiburan: E.O. yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
4.      Penyelenggara Pernikahan: E.O. yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
5.      Penyelenggara Ulang Tahun: E.O. yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
6.      Penyelenggara Pribadi: E.O. khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
Dari berbagai jeni-jenis E.O. diatas masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri dalam mengatur seluruh kegiatan-kegitannya dari mulai masalah personil, budgeting, sponshorship, serta ide dan kreatifitas yang dapat dimunculkannya.  
Walaupun begitu, banyak perusahaan atau organisasi yang memiliki tim sendiri yang khusus menangani sebuah penyelenggaraan acara yang biasanya menyatu dengan tugas marketing dan bagian promosi perusahaan. Hal tersebut memang memang telah ada, tetapi tetap sebuah perusahaan membutuhkan jasa-jasa tertentu atau perusahaan rekanan yang dibutuhkan jasanya untuk bergabung dalam sebuah acara yang diselenggarakan.
Bagi klien seperti orang pribadi, perusahaan, oraganisasi ataupun siapapun yang menggunakan jasa E.O kita, dengan mempercayakan sebuah acara yang akan kita selenggarakan, sangat menaruh harapan besar penyelenggaraan acaranya bisa terlaksana dengan baik dan sesuai target yang ingin dicapai.
Apapun bentuk bisnis yang kita lakukan tentu harus didasari dengan keyakinan bahwa kita mampu membawa usaha event organizer kita ini ke puncak kesuksesan, sehingga dengan keyakinan tersebut tidak lagi memikirkan siapa pesaing perusahaan event organizer kita, selama mau untu ACTION tentu saja ada kesempatan yang dapat kita buat agar kita sukses.

0 komentar:

Posting Komentar